preloader
Edit

Tentang Kami

Klinik gigi dimulai pada tahun 2009 bernama praktek drg Kurnia, berubah nama pada tahun 2013 dengan nama Fresh On Dental Care. Berubah nama tahun 2018 dengan nama Fresh Medika. Dan dengan semangat baru, berubah nama menjadi B Fresh Dental Care pada pertengahan tahun 2020. 

Info Kontak

Solusi Mengatasi Gigi Sensitif!

  • Home
  • -
  • Edukasi
  • -
  • Solusi Mengatasi Gigi Sensitif!
Solusi Mengatasi Gigi Sensitif!

Setelah mengetahui penyebab gigi sensitif, disini kalian dapat mengetahui cara untuk mengatasi gigi sensitif. Seperti yang sudah dikatakan bahwa masalah gigi sensitif dapat terjadi pada siapa saja, bukan hanya mereka yang lalai dalam merawat gigi. Gigi sensitif dapat terjadi secara sementara atau jangka panjang. Kondisi ini juga dapat terjadi pada satu atau beberapa gigi, bahkan semua gigi. Umumnya gigi sensitif dapat diatasi dengan menangani penyebabnya, yuk ketahui cara mengatasi gigi sensitif!

Bagaimana Cara Mengatasi Gigi Sensitif?

Pelapisan Gigi dengan Fluoride

Untuk mengatasi gigi sensitif yang disebabkan oleh penipisan pada lapisan luar gigi, dokter akan memberikan pasta gigi khusus untuk menghambat rasa nyeri, atau gel yang mengandung fluoride untuk memperkuat gigi. Selain itu kalian dapat menemukan kandungan fluoride dalam pasta gigi khusus untuk gigi sensitif.

Image Source: Pexels.com

Jangan cemas, karena pasta gigi sensitif sudah banyak beredar di pasaran. Kalian bisa memilihnya sesuai dengan keluhan yang dimiliki. Hindari memakai pasta gigi yang terdapat kandungan baking soda, karena akan semakin mengikis lapisan gigimu.

Berhenti Melakukan Kebiasaan Buruk

Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya. Kebiasaan buruk seperti menyikat gigi terlalu keras, menggertakkan gigi, merokok, menggunakan obat kumur berlebihan, menggunakan pasta gigi yang tidak tepat, dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut dapat membuat lapisan luar pada gigi semakin terkikis dan rusak.

Hindarilah melakukan beberapa hal tersebut, mulailah untuk menghentikannya secara perlahan. Memang sangat susah untuk menghentikannya secara langsung. Namun demi kenyamananmu saat memakan atau meminum yang panas atau dingin, berhentilah melakukan kebiasaan tersebut.

Mengganti Sikat Gigi dan Menjaga Kebersihan Gigi

Jika sikat gigi kalian terasa kasar saat pemakaian, maka gantilah sikat gigi kalian dan menggunakan sikat gigi dengan ujung yang lembut. Gunakanlah sikat gigi khusus untuk gigi sensitif yang sudah dijual dipasaran.

Image Source: Pexels.com

Untuk mencegah gigi sensitif, sikat gigi kalian selama dua kali sehari selama dua menit secara perlahan. Serta gunakan floss sekali sehari, bersihkan lidah kalian dan berkumur dengan obat kumur antiseptik selama tiap hari. Tetapi jangan terlalu berlebihan saat menggunakan obat kumur, cukup gunakan sesuai anjuran pemakaian.

Perawatan Gigi di Bfresh Dental Care

Jika keluhan gigi sensitif membuatmu sulit makan, sebaiknya konsultasikan ke dokter gigi. Terdapat beberapa pilihan penanganan untuk gigi sensitif yang biasanya dianjurkan oleh dokter gigi, yaitu:

  • Penggunaan pasta gigi yang diresepkan dokter.
  • Prosedur medis untuk gigi dan mulut, seperti prosedur penutupan akar gigi dengan bahan khusus, perawatan saluran akar gigi (root canal), atau bedah gusi, bila ada gangguan pada gigi dan gusi.
  • Rujukan ke dokter penyakit dalam, jika penyebabnya adalah GERD.
  • Rujukan ke psikiater, jika keluhan gigi sensitif disebabkan oleh bulimia.

Membuat jadwal kunjungan ke dokter gigi untuk cek kesehatan gigi adalah agenda yang penting. Kalian perlu rutin untuk memeriksakan gigi minimal 6 bulan sekali. Cek gigi secara rutin memungkinkan pendeteksian masalah gigi dan gusi dalam tahap awal. Segera kunjungi Klinik Bfresh Dental Care terdekat untuk memberikan solusi atas permasalahan gigi yang kalian punya. Kalian akan ditangani oleh dokter yang berpengalaman, profesional, dan sudah bersertifikat.

Perawatan Mandiri Setelah Tindakan Medis

Gigi sensitif yang disebabkan oleh prosedur medis, seperti pemutihan gigi dan tambal gigi, hanya terjadi sementara dan akan sembuh dengan sendirinya. Meski begitu, pasien juga dianjurkan untuk melakukan perawatan mandiri di rumah untuk meredakan gejala.

Baca artikel lainnya tentang 10 Alasan Kamu Harus Merapikan Gigi


Itulah beberapa solusi untuk mengatasi gigi sensitif. Cukup hindarilah penyebab gigi sensitif dan melakukan perawatan secara rutin ke dokter gigi minimal selama 6 bulan sekali. Hindarilah penyebabnya dan rawatlah gigimu di Bfresh Dental Care!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Promo
Menarik

***Kita berjanji, tidak melakukan spam!

Pelayanan dokter gigi telah kami mulai sejak tahun 2010 dengan nama FRESH ON DENTAL CARE. Selain merawat pasien, kami melakukan edukasi ke masyarakat secara langsung berupa penyuluhan ke sekolah dan komunitas serta bakti sosial. Berjalannya waktu, kami memperbanyak pelayanan, selain pengobatan oleh dokter gigi, kami juga melayani pengobatan oleh dokter umum dengan nama FRESH MEDIKA pada tahun 2019. Kemudian sejak Januari 2021 kami berubah nama menjadi B FRESH DENTAL CARE dan kembali memilih untuk fokus melayani masyarakat di bidang kesehatan gigi bersama tim dokter yang ramah dan profesional serta tim lainnya yang humble dan cekatan.

Jam Buka

Senin : 09.00 - 21.00 WIB
Selasa : 09.00 - 21.00 WIB
Rabu : 09.00 - 21.00 WIB
Kamis : 09.00 - 21.00 WIB
Jumat : 09.00 - 21.00 WIB
Sabtu : 09.00 - 21.00 WIB
Minggu : 09.00 - 21.00 WIB
WeCreativez WhatsApp Support
Kami siap menjadi solusi perawatan gigi Anda
👋 Haloo, Bagaimana Kita bisa bantu?