preloader
Edit

Tentang Kami

Klinik gigi dimulai pada tahun 2009 bernama praktek drg Kurnia, berubah nama pada tahun 2013 dengan nama Fresh On Dental Care. Berubah nama tahun 2018 dengan nama Fresh Medika. Dan dengan semangat baru, berubah nama menjadi B Fresh Dental Care pada pertengahan tahun 2020. 

Info Kontak

Bagaimana Cara Mengobati Sakit Gigi?

  • Home
  • -
  • Edukasi
  • -
  • Bagaimana Cara Mengobati Sakit Gigi?
Bagaimana Cara Mengobati Sakit Gigi?

Apakah kalian sedang mengalami sakit gigi? Wah pasti sangat sakit sampai rasanya ingin mengobati sendiri di rumah. Ibarat kata lebih baik sakit hati daripada sakit gigi bukan? Karena sakit gigi tidak hanya membuat kesulitan untuk makan saja, namun dapat mempengaruhi suasana hati dan kesehatan secara menyeluruh. Sangking sakitnya gigi sampai membuat suasana hati badmood bukan? Yuk simak lebih lanjut cara mengobati sakit gigi untuk mengurangi rasa sakit pada gigimu!

Cara Mengobati Sakit Gigi

Kumur dengan Air Garam

Image Source: Pinterest.com

Berkumur dengan air larutan garam merupakan cara mengobati sakit gigi yang paling populer. Air garam terbukti membantu meredakan peradangan serta rasa sakit pada gusi dan gigi. Sebelum berkumur memakai air garam, sebaiknya melakukan flossing gigi terlebih dahulu untuk membersihkan sisa makanan yang menempel pada gigi. Kemudian siapkan satu sampai dua sendok makan garam dapur. Lalu larutkan ke dalam segelas air hangat. Gunakan larutan garam tersebut untuk berkumur selama 30 detik, setelah itu buanglah air tersebut. Ingat, air larutan garam ini tidak untuk ditelan. Jadi, pastikan kalian memuntahkan air larutan garam setelah berkumur.

Kompres Memakai Es Batu

Apakah pipimu terasa bengkak? Biasanya sakit gigi disertai dengan pipi bengkak. Untuk meredakan kondisi tersebut, kalian dapat mengompres pipi yang bengkak dengan es batu. Selain meredakan bengkak, kompres memakai es batu juga membantu untuk mengurangi nyeri serta pendarahan ke dalam jaringan gusi. Kompreslah dengan membungkus beberapa keping es batu dalam sebuah handuk kecil. Lalu tempelkan handuk tersebut pada area pipi yang mengalami pembengkakan. Biarkan selama 15 menit hingga 20 menit. Ulangi cara ini setidaknya tiga kali dalam sehari atau sampai bengkak di pipi mereda.

Meminum Obat Pereda Nyeri

Image Source: Pexels.com

Langkah yang lain saat rasa sakit gigi kalian tidak dapat ditahan lagi, maka minumlah obat pereda nyeri. Ada banyak obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek tanpa resep dokter. Tetapi kalian dapat menanyakannya terlebih dahulu kepada apoteker. Pastikan kalian membaca petunjuk pemakaian obat yang tertera pada label kemasan dengan teliti. Namun, jika nyeri di gigimu tidak kunjung membaik, maka jangan ragu untuk segera mencari pertolongan medis ke dokter. Hal ini dilakukan agar kamu mendapatkan pengobatan yang tepat.

Memakan Bawang Putih

Jika kalian tidak mau meminum obat pereda nyeri, kalian dapat mengobati sakit gigi dengan bahan alami. Bawang putih menjadi salah satu cara untuk mengobati sakit gigi yang bisa kalian coba dirumah. Karena bawang putih bersifat sebagai antiseptik dan antibiotik alami yang dapat melawan infeksi. Senyawa allicin yang terkandung dalam bawang putih juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada gigimu. Siapkan satu siung bawang putih yang sudah dikupas lalu potong menjadi dua bagian. Kemudian, letakkan potongan bawang putih mentah tadi di bagian gigi yang sakit. Kalian bisa langsung mengunyah bawang putih tersebut selama beberapa menit.

Pergi ke Dokter Gigi

Kerusakan gigi yang cukup parah hingga menyebabkan rasa sakit memerlukan kunjungan ke dokter gigi. Karena hanya dokter gigi yang dapat mendiagnosis penyebabnya. Jadi sangatlah penting untuk mencari perawatan segera untuk mencegah masalah menjadi lebih buruk.

Perawatan tergantung pada tingkat keparahan sakit yang kalian alami. Beberapa pilihan pengobatannya termasuk:

  • Perawatan mahkota gigi.
  • Menambal gigi yang berlubang. 
  • Perawatan saluran akar.
  • Perawatan ortodontik, jika terdapat masalah gigi berjejal atau masalah dengan gigitan yang dapat meningkatkan risiko gigi berlubang. 
  • Pengobatan dengan antibiotik, jika terjadi infeksi bakteri yang serius.

Baca artikel lainnya tentang Rongga Gigi Mengalami Pembusukan


Itulah beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mengobati sakit gigi. Ingatlah untuk segera melakukan pemeriksaan di dokter gigi. Semakin dini penyakit terdeteksi maka perawatan akan semakin sederhana dan biayanya lebih murah. Jadi jangan menunggu hingga sakit gigimu bertambah parah. Silahkan kunjungi Bfresh Dental Care saat kalian mengalami sakit gigi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Promo
Menarik

***Kita berjanji, tidak melakukan spam!

Pelayanan dokter gigi telah kami mulai sejak tahun 2010 dengan nama FRESH ON DENTAL CARE. Selain merawat pasien, kami melakukan edukasi ke masyarakat secara langsung berupa penyuluhan ke sekolah dan komunitas serta bakti sosial. Berjalannya waktu, kami memperbanyak pelayanan, selain pengobatan oleh dokter gigi, kami juga melayani pengobatan oleh dokter umum dengan nama FRESH MEDIKA pada tahun 2019. Kemudian sejak Januari 2021 kami berubah nama menjadi B FRESH DENTAL CARE dan kembali memilih untuk fokus melayani masyarakat di bidang kesehatan gigi bersama tim dokter yang ramah dan profesional serta tim lainnya yang humble dan cekatan.

Jam Buka

Senin : 09.00 - 21.00 WIB
Selasa : 09.00 - 21.00 WIB
Rabu : 09.00 - 21.00 WIB
Kamis : 09.00 - 21.00 WIB
Jumat : 09.00 - 21.00 WIB
Sabtu : 09.00 - 21.00 WIB
Minggu : 09.00 - 21.00 WIB
WeCreativez WhatsApp Support
Kami siap menjadi solusi perawatan gigi Anda
👋 Haloo, Bagaimana Kita bisa bantu?