preloader
Edit

Tentang Kami

Klinik gigi dimulai pada tahun 2009 bernama praktek drg Kurnia, berubah nama pada tahun 2013 dengan nama Fresh On Dental Care. Berubah nama tahun 2018 dengan nama Fresh Medika. Dan dengan semangat baru, berubah nama menjadi B Fresh Dental Care pada pertengahan tahun 2020. 

Info Kontak

Anak Sakit Gigi? Ini Cara Meredakannya!

  • Home
  • -
  • Edukasi
  • -
  • Anak Sakit Gigi? Ini Cara Meredakannya!
Anak Sakit Gigi? Ini Cara Meredakannya!

Apakah anak Anda sedang menangis karena mengeluh giginya terasa sakit? Ataukah anak Anda rewel sepanjang hari karena giginya sakit? Rasa nyeri saat sakit gigi bisa terasa sangat menyakitkan apabila terkena makanan atau minuman. Apalagi jika anak Anda jadi sudah tidak mau makan karena mengeluh giginya sangat sakit. Pada kondisi yang lebih parah, nyeri dapat berubah menjadi sakit berdenyut hingga menimbulkan pusing bahkan mengakibatkan pipi menjadi bengkak. Wah segera atasi untuk mengurangi nyeri gigi pada anak ya, agar anak Anda tidak rewel saat dirumah. Yuk baca lebih lanjut disini!

Cara Meredakan Sakit Gigi pada Anak

Bersihkan Sisa Makanan pada Gigi

Sakit gigi pada anak pasti ada penyebabnya, meski terasa menyakitkan cobalah untuk membantu anak untuk membersihkan sisa makanan yang tersangkut di gigi. Saat membersihkan gigi, bantu anak Anda menghilangkan partikel makanan yang mungkin tersangkut diantara giginya dengan benang gigi atau flossing. Pastikan Anda membersihkannya dengan cara yang berhati-hati saat melakukan flossing, karena gusi anak mungkin terasa lebih sensitif.

Berkumur dengan Air Garam

Image Source: Pexels.com

Salah satu cara yang simpel adalah menyuruh anak untuk berkumur dengan air garam. Anda dapat melarutkan satu sendok garam dengan segelas air hangat. Garam dan air hangat dapat membunuh bakteri yang ada dalam mulut. Selain itu, manfaat berkumur dengan air garam juga dapat mengurangi gejala pembengkakan gusi. Larutan air garam bekerja dengan cara mengubah lingkungan atau kondisi mulut menjadi lebih kering, sehingga menjadi tidak kondusif sebagai tempat tinggal dan pertumbuhan bakteri penyebab sakit gigi.

Kompreslah Dibagian yang Sakit

Jika anak Anda mengalami pembengkakan pada pipinya, maka Anda bisa mencoba untuk membungkus es batu dengan handuk dan menempelkannya dibagian yang sakit. Bisa di pipi sebelah kanan maupun pipi kiri. Hindari untuk menempelkan es batu langsung di pipinya tanpa dibalut dengan handuk terlebih dahulu, hal itu akan menambahkan efek nyeri pada gigi anak. Tempelkan kompres tersebut selama 15 menit dan ulangi kembali bila rasa nyerinya muncul.

Mengunyah Bawang Putih

Image Source: Pexels.com

Tahukah Anda bahwa bawang putih yang sering ditemukan di dapur dapat berguna untuk mengatasi nyeri gigi? Kandungan anti inflamasinya dapat meredakan sakit gigi pada anak. Anda hanya perlu menggeprek bawang putih lalu menyuruh anak untuk mengunyahnya. Jika anak Anda tidak mau menelannya maka keluarkan saja. Atau Anda bisa hanya meletakkannya pada gigi yang sakit dan menunggu hingga rasa sakitnya hilang.

Meminum Obat Pereda Nyeri

Jika rasa sakit masih berlanjut, Anda dapat memberikan anak untuk memberikan obat anti inflamasi yang dijual bebas di apotek. Anda bisa menanyakannya pada apoteker, obat yang digunakan untuk meredakan sakit gigi. Obat sakit gigi pada anak dapat menghambat syaraf perasa nyeri atau penyebab nyeri. Pastikan keamanan obatnya dengan membaca label terlebih dahulu atau bertanya pada dokter secara langsung.

Pergi ke Bfresh Dental Care

Jika Anda sudah melakukan berbagai cara diatas, tetapi anak Anda tetap merasa kesakitan. Maka Anda dapat pergi ke Bfresh Dental Care atau dokter gigi. Kunjungilah Bfresh Dental Care, dengan para dokter yang sudah berpengalaman dan asisten dokter yang kompeten kami akan memberikan penanganan yang tepat untuk anak Anda. Bfresh Dental Care berusaha menangani setiap pasien dengan cermat, karena kesembuhan dan kepuasan pasien adalah kebahagiaan bagi kami.

Baca artikel lainnya tentang Tips Menikmati Weekend


Itulah beberapa informasi tentang cara meredakan sakit gigi pada anak. Mulai dari cara yang bisa dilakukan dirumah hingga membutuhkan penanganan dokter gigi. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan gigi dan mulut secara rutin setiap 6 bulan sekali di klinik gigi Bfresh Dental Care!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Promo
Menarik

***Kita berjanji, tidak melakukan spam!

Pelayanan dokter gigi telah kami mulai sejak tahun 2010 dengan nama FRESH ON DENTAL CARE. Selain merawat pasien, kami melakukan edukasi ke masyarakat secara langsung berupa penyuluhan ke sekolah dan komunitas serta bakti sosial. Berjalannya waktu, kami memperbanyak pelayanan, selain pengobatan oleh dokter gigi, kami juga melayani pengobatan oleh dokter umum dengan nama FRESH MEDIKA pada tahun 2019. Kemudian sejak Januari 2021 kami berubah nama menjadi B FRESH DENTAL CARE dan kembali memilih untuk fokus melayani masyarakat di bidang kesehatan gigi bersama tim dokter yang ramah dan profesional serta tim lainnya yang humble dan cekatan.

Jam Buka

Senin : 09.00 - 21.00 WIB
Selasa : 09.00 - 21.00 WIB
Rabu : 09.00 - 21.00 WIB
Kamis : 09.00 - 21.00 WIB
Jumat : 09.00 - 21.00 WIB
Sabtu : 09.00 - 21.00 WIB
Minggu : 09.00 - 21.00 WIB
WeCreativez WhatsApp Support
Kami siap menjadi solusi perawatan gigi Anda
👋 Haloo, Bagaimana Kita bisa bantu?