preloader
Edit

Tentang Kami

Klinik gigi dimulai pada tahun 2009 bernama praktek drg Kurnia, berubah nama pada tahun 2013 dengan nama Fresh On Dental Care. Berubah nama tahun 2018 dengan nama Fresh Medika. Dan dengan semangat baru, berubah nama menjadi B Fresh Dental Care pada pertengahan tahun 2020. 

Info Kontak

Scaling Gigi: Pengertian, Manfaat, dan Prosedur

  • Home
  • -
  • Edukasi
  • -
  • Scaling Gigi: Pengertian, Manfaat, dan Prosedur
Scaling Gigi: Pengertian, Manfaat, dan Prosedur

Apakah Anda tahu tentang scaling gigi? Gigi yang sehat dan bersih tentu membuat Anda lebih percaya diri bukan? Namun agar gigi sehat dan bersih, sikat gigi saja tidak cukup. Agar gigi sehat dan bersih secara maksimal, Anda juga perlu melakukan scaling gigi secara rutin. Dengan begitu kesehatan mulut akan tetap terjaga dan Anda pun dapat terhindar dari berbagai penyakit gigi dan mulut. Yuk ketahui lebih lanjut tentang pengertian scaling gigi!

Pengertian Scaling Gigi untuk Kesehatan Mulut

Apa itu Scaling Gigi?

Scaling gigi merupakan suatu prosedur pembersihan karang gigi atau plak yang menempel pada gigi. Prosedur ini sebenarnya perlu dilakukan untuk membantu menjaga kesehatan gigi. Karang gigi adalah tumpukan plak yang menempel dan mengeras pada permukaan gigi. Karang gigi membuat tampilan gigi tampak tidak terawat. Plak gigi dapat berwarna kuning kecoklatan hingga berwarna hitam. Nah plak tersebut yang membuat penampilan gigimu seperti tidak terawat dan akan menimbulkan beberapa penyakit mulut.

Image Source: Freepik.com

Prosedur scaling gigi umumnya dilakukan untuk menangani masalah atau penyakit gusi sekaligus untuk memperbaiki penampilan gigi yang terganggu akibat karang gigi yang menumpuk. Pembersihan karang gigi juga dapat menjadi bagian dari pemeriksaan serta prosedur gigi secara berkala oleh dokter gigi, setidaknya setiap enam bulan sekali.

Prosedur Melakukan Scaling Gigi

Scaling gigi menggunakan alat ultrasonic scaler yang akan menghasilkan getaran dan mampu menghancurkan serta merontokkan karang di sela-sela hingga bagian terdalam gigi. Tidak hanya itu, alat ini juga dapat membersihkan karang gigi di garis gusi yang sulit dijangkau dengan bulu sikat gigi. Setelah melakukan scaling, Anda mungkin akan merasakan gusi bengkak, nyeri, atau bahkan berdarah.

Efek setelah scaling muncul karena gigi yang berkarang sedang menyesuaikan diri dengan proses scaling agar kembali bersih dan gusi akan merekat lebih baik ke gigi. Prosedur dalam melakukan scaling gigi yaitu dokter akan melakukan anestesi lokal terlebih dahulu, proses scaling gigi dimulai, melakukan root planing dan finishing. Scaling gigi biasanya dilaksanakan bersamaan dengan prosedur root planing, yaitu dengan menghaluskan permukaan akar gigi dan gusi dapat menempel dengan baik.

Manfaat Scaling Gigi

Image Source: Freepik.com
  • Membersihkan Karang Gigi, Manfaat utama dari scaling gigi yaitu untuk membersihkan karang gigi. Karang gigi yang telah keras dan menempel cukup lama tidak bisa dibersihkan hanya dengan menyikat gigi. Oleh sebab itu dilakukan tindakan scaling gigi.
  • Mengatasi Bau Mulut, Karang gigi yang menumpuk menjadi tempat yang sangat nyaman untuk bakteri penyebab bau mulut berkembang. Jika hal ini dibiarkan, maka akan menyebabkan bau mulut. Oleh karena itu melakukan scaling gigi dapat mengatasi bau mulut.
  • Menjaga Kesehatan Gusi, Karang gigi yang terlalu lama menempel pada permukaan gigi dapat menyebabkan radang gusi. Jika tidak segera ditangani, radang gusi akan semakin parah dan dapat merusak gigi serta jaringan lainnya.
  • Warna Gigi Tampak Lebih Cerah, Karang gigi yang menumpuk akan menyebabkan gigi terlihat kuning. Jika tidak segera diatasi maka akan membuat Anda terlihat tidak percaya diri bukan?Karang gigi yang terangkat akan membuat warna gigi tampak lebih cerah. Segeralah untuk melakukan scaling gigi secara rutin untuk penampilan yang lebih percaya diri.

Baca artikel lainnya tentang Bagaimana Cara Mengobati Sakit Gigi?


Setelah Anda sudah mengerti tentang pengertian scaling gigi, maka Anda dapat pergi ke Bfresh Dental Care atau dokter gigi. Kunjungilah Bfresh Dental Care, dengan para dokter yang sudah berpengalaman dan asisten dokter yang kompeten kami akan memberikan penanganan yang tepat. Bfresh Dental Care berusaha menangani setiap pasien dengan cermat, karena kesembuhan dan kepuasan pasien adalah kebahagiaan bagi kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Promo
Menarik

***Kita berjanji, tidak melakukan spam!

Pelayanan dokter gigi telah kami mulai sejak tahun 2010 dengan nama FRESH ON DENTAL CARE. Selain merawat pasien, kami melakukan edukasi ke masyarakat secara langsung berupa penyuluhan ke sekolah dan komunitas serta bakti sosial. Berjalannya waktu, kami memperbanyak pelayanan, selain pengobatan oleh dokter gigi, kami juga melayani pengobatan oleh dokter umum dengan nama FRESH MEDIKA pada tahun 2019. Kemudian sejak Januari 2021 kami berubah nama menjadi B FRESH DENTAL CARE dan kembali memilih untuk fokus melayani masyarakat di bidang kesehatan gigi bersama tim dokter yang ramah dan profesional serta tim lainnya yang humble dan cekatan.

Jam Buka

Senin : 09.00 - 21.00 WIB
Selasa : 09.00 - 21.00 WIB
Rabu : 09.00 - 21.00 WIB
Kamis : 09.00 - 21.00 WIB
Jumat : 09.00 - 21.00 WIB
Sabtu : 09.00 - 21.00 WIB
Minggu : 09.00 - 21.00 WIB
WeCreativez WhatsApp Support
Kami siap menjadi solusi perawatan gigi Anda
👋 Haloo, Bagaimana Kita bisa bantu?