preloader
Edit

Tentang Kami

Klinik gigi dimulai pada tahun 2009 bernama praktek drg Kurnia, berubah nama pada tahun 2013 dengan nama Fresh On Dental Care. Berubah nama tahun 2018 dengan nama Fresh Medika. Dan dengan semangat baru, berubah nama menjadi B Fresh Dental Care pada pertengahan tahun 2020. 

Info Kontak

Lidah Berwarna Putih? Apa Penyebabnya?

  • Home
  • -
  • Edukasi
  • -
  • Lidah Berwarna Putih? Apa Penyebabnya?
Lidah Berwarna Putih? Apa Penyebabnya?

Apakah kalian pernah mengalami lidah berwarna putih? Pernahkah kalian berpikir bahwa lidah berwarna putih itu berbahaya? Coba kalian perhatikan baik-baik, idealnya warna lidah yang sehat adalah merah muda dan pink dengan lapisan putih tipis diatasnya. Namun jika lidah berwarna putih tebal bagaimana? Lidah berwarna putih ternyata tidak berbahaya dan bersifat sementara. Namun, lidah putih juga dapat disebabkan oleh kondisi medis tertentu, yang dapat menjadi serius jika tidak segera ditangani. Meski terlihat ringan, keluhan lidah putih sebaiknya tidak bisa dianggap sepele. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal dan bahkan menjadi tanda atau gejala dari penyakit yang serius. Yuk ketahui penyebab lidah berwarna putih agar mengetahui penyebabnya secara pasti!

Apa itu Lidah Berwarna Putih?

Lidah putih umumnya kondisi ketika lidah diselimuti oleh lapisan putih tebal atau mungkin bercak putih yang tebal. Biasanya kondisi lidah berwarna putih ini juga berhubungan dengan kebersihan mulut. Lidah kalian bisa menjadi putih ketika benjolan kecil (papila) yang melengkung atau membengkak hingga kemudian meradang. Bakteri, sisa makanan, kotoran, dan jamur semuanya dapat terjebak di antara papila yang membesar. Hal inilah yang akhirnya membuat lidah menjadi berwarna putih. Walaupun tidak berbahaya, dalam kasus yang cukup jarang, lidah putih bisa menandakan kondisi yang lebih serius seperti infeksi atau gejala kanker. Biasanya kejadian ini juga disertai dengan gejala tidak enak pada mulut dan juga bau mulut.

Penyebab Lidah Berwarna Putih

Masalah Kebersihan Mulut

Image Source: Pinterest.com

Apakah kalian jarang sikat gigi dua hari sekali? Wah jangan dilanjutkan ya karena hal tersebut akan menyebabkan berbagai masalah dalam gigi dan mulut. Beberapa hal seperti jarang sikat gigi, flossing dan membersihkan lidah dapat menjadi penyebab terjadinya lidah putih. Hal tersebut karena kotoran, sisa makanan, kuman, sel mati, dan bakteri menumpuk diantara papila (bintik kecil pada lidah). Akibatnya, papila menjadi membesar dan terkadang meradang, sehingga muncullah bercak berwarna putih di permukaan lidah.

Infeksi Jamur

Penyebab lidah berwarna putih yang paling umum adalah terkena infeksi jamur candida alias oral trush. Biasanya jika disebabkan oleh jamur, bercak atau plak putih yang menempel di lidah bisa dikerok dan dibersihkan. Namun perlu untuk dibawa dan dibersihkan di dokter gigi. Biasanya beberapa masyarakat yang sakit diabetes, kekurangan zat besi atau vitamin D, terkena HIV/AIDS, dan pengguna gigi palsu paling rentan mengalami infeksi jamur. Di samping itu, orang yang sistem imunnya lemah, seperti bayi dan lansia juga rentan mengalami kondisi ini. Oleh sebab itu mereka yang mudah terinfeksi jamur, disarankan untuk membersihkan gigi dan mulut dengan rutin.

Kebiasaan yang Buruk

Yang dimaksudkan kebiasaan buruk ini bukan hanya tidak membersihkan gigi dan mulut. Tetapi kebiasaan buruk seperti merokok dan mengunyah tembakau juga menjadi penyebab lidah berwarna putih. Serta mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dalam jangka waktu yang lama juga dapat menyebabkan hal yang serupa.

Variasi Normal

Tooth dentist people health food
Image Source: Freepik.com

Tidak perlu panik bila lidah kalian berwarna putih karena ada beberapa jenis variasi normal pada lidah yang dapat menjadi putih di lidah, seperti lidah hitam (berambut) dan lidah geografis. Cukup konsultasikan ke dokter gigi apabila kalian memiliki gejala seperti ini dan jika normal, cukup dengan menjaga kebersihan mulut dan lidah agar tetap sehat.

Kanker Lidah

Kanker lidah merupakan bentuk kanker yang dimulai di sel lidah. Dimulai pada sel skuamosa tipis dan datar yang melapisi permukaan lidah. Sebenarnya gejala kanker lidah umumnya mirip dengan gejala kanker mulut lainnya. Beberapa gejala dari penyebab lidah putih ini adalah kesulitan menelan, berat badan menurun, nyeri didaerah yang terinfeksi, pendarahan di mulut, adanya bercak merah atau putih di lidah, serta tidak kunjung sembuh.

Leukoplakia

The woman show the picture of tongue problems illustration benign migratory glossitis on a brown paper behcets disease
Image Source: Freepik.com

Leukoplakia ditandai dengan terbentuknya bercak putih dalam mulut. Penyakit leukoplakia bisa terjadi ketika lidah mengalami iritasi. Kondisi ini lebih sering dialami oleh perokok aktif atau mereka yang sering mengonsumsi minuman alkohol. Walaupun tidak menimbulkan rasa sakit, bercak putih tersebut tidak dapat dihilangkan dengan pembersih lidah. Bila kondisi ini dibiarkan saja dalam jangka waktu yang cukup lama, leukoplakia bisa berkembang menjadi kanker. Oleh sebab itu disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter gigi.

Konsumsi Obat-obatan

Jika kalian mengkonsumsi obat-obatan seperti antibiotik bisa menyebabkan tumbuhnya infeksi jamur di mulut. Oleh sebab itu jika kalian sakit dan mengkonsumsi obat-obatan tersebut tanpa disadari juga menjadi salah satu penyebab lidah yang berwarna putih.

Baca artikel lainnya tentang Bagaimana Cara Membersihkan Karang Gigi?


Setelah kalian sudah mengerti tentang pengertian dan penyebab lidah berwarna putih, jika gejala tersebut timbul secara terus menerus dan tidak dapat hilang. Kalian dapat pergi ke Bfresh Dental Care atau dokter gigi, untuk mengetahui penyakit apa yang mengakibatkan lidah berwarna putih. Kunjungilah Bfresh Dental Care, dengan para dokter yang sudah berpengalaman dan asisten dokter yang kompeten kami akan memberikan penanganan yang tepat. Bfresh Dental Care berusaha menangani setiap pasien dengan cermat, karena kesembuhan dan kepuasan pasien adalah kebahagiaan bagi kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Promo
Menarik

***Kita berjanji, tidak melakukan spam!

Pelayanan dokter gigi telah kami mulai sejak tahun 2010 dengan nama FRESH ON DENTAL CARE. Selain merawat pasien, kami melakukan edukasi ke masyarakat secara langsung berupa penyuluhan ke sekolah dan komunitas serta bakti sosial. Berjalannya waktu, kami memperbanyak pelayanan, selain pengobatan oleh dokter gigi, kami juga melayani pengobatan oleh dokter umum dengan nama FRESH MEDIKA pada tahun 2019. Kemudian sejak Januari 2021 kami berubah nama menjadi B FRESH DENTAL CARE dan kembali memilih untuk fokus melayani masyarakat di bidang kesehatan gigi bersama tim dokter yang ramah dan profesional serta tim lainnya yang humble dan cekatan.

Jam Buka

Senin : 09.00 - 21.00 WIB
Selasa : 09.00 - 21.00 WIB
Rabu : 09.00 - 21.00 WIB
Kamis : 09.00 - 21.00 WIB
Jumat : 09.00 - 21.00 WIB
Sabtu : 09.00 - 21.00 WIB
Minggu : 09.00 - 21.00 WIB
WeCreativez WhatsApp Support
Kami siap menjadi solusi perawatan gigi Anda
👋 Haloo, Bagaimana Kita bisa bantu?