preloader
Edit

Tentang Kami

Klinik gigi dimulai pada tahun 2009 bernama praktek drg Kurnia, berubah nama pada tahun 2013 dengan nama Fresh On Dental Care. Berubah nama tahun 2018 dengan nama Fresh Medika. Dan dengan semangat baru, berubah nama menjadi B Fresh Dental Care pada pertengahan tahun 2020. 

Info Kontak

Penyebab Gigi Ngilu Saat Demam

  • Home
  • -
  • Edukasi
  • -
  • Penyebab Gigi Ngilu Saat Demam
Penyebab Gigi Ngilu Saat Demam

Kebanyakan orang mengira bahwa demam adalah sebuah penyakit. Namun sebenarnya demam merupakan gejala dari penyakit tertentu. Nah gigi ngilu ini juga merupakan dampak dari terjadinya demam yang berkepanjangan. Tidak hanya membuat badan menjadi panas dan lemas, demam juga seringkali muncul dengan gejala lain, yaitu gigi ngilu. Lalu apa yang menjadi penyebab gigi ngilu saat demam? Yuk ketahui lebih lanjut disini!

3 Penyebab Gigi Ngilu Saat Demam

1. Mulut Kering

Biasanya saat flu kalian akan mengalami demam. Nah hidung tersumbat merupakan efek samping umum dari flu. Karena hidung tersumbat tersebut, kalian akan lebih sering menggunakan mulut untuk bernafas, nah hal tersebut dapat meringankan gigi, gusi dan bibir. Kondisi mulut yang kering saat sakit tersebut dapat menyebabkan penumpukan plak yang lebih banyak pada gigi. Hal ini karena kadar air liur yang berperan sebagai pertahanan mulut terhadap kerusakan gigi, sangat rendah. Akibatnya, gigi akan menjadi ngilu.

Free photo close up woman with lips treatment
Penyebab Gigi Ngilu Saat Demam
Image Source: Freepik.com

Oleh karena itu, saat terkena flu kalian dianjurkan untuk meminum air yang banyak agar tetap terhidrasi dan menghindari gigi yang ngilu akibat mulut kering. Selain itu, mengkonsumsi obat-obatan biasanya juga dapat menyebabkan mulut menjadi kering. Jadi pastikan untuk meminum air yang banyak setelah minum obat.

2. Infeksi Sinus atau Infeksi Telinga

Walaupun gigi ngilu saat sakit biasanya tidak berarti sesuatu yang serius. Namun sakit gigi juga dapat menjadi gejala infeksi sinus seperti rasa sakit yang terus-menerus atau tekanan pada geraham gigi. Jadi jika gigi ngilu tidak kunjung hilang, sebaiknya kunjungi dokter gigi untuk memastikan rasa sakit tersebut bukan pertanda sesuatu yang lain.

Penyebab Gigi Ngilu Saat Demam
Image Source: Freepik.com

Dalam melakukan perawatan gigi yang ngilu dan mencegahnya bertambah parah, kalian dianjurkan untuk rajin membersihkan gigi dan juga menyikat gigi dengan cara yang benar. Untuk sementara, hindari dulu makanan yang keras, panas, dan dingin. Selain itu, kurangilah merokok dan batasi konsumsi makanan manis.

3. Tekanan Sinus saat Flu

Penyebab Gigi Ngilu Saat Demam
Image Source: Freepik.com

Ketika terkena flu, biasanya rongga sinus dapat tersumbat dengan lendir yang berlebih. Karena adanya rongga sinus yang terletak di dekat geraham atas, maka tekanan dari sinus tersebut bisa membuat gigi merasa ngilu. Nah, untuk mengurangi tekanan sinus tersebut, kalian bisa meletakkan handuk hangat di sekitar hidung, pipi, dan mata. Bila gigi ngilu tidak kunjung membaik, sebaiknya segera temui dokter untuk mengetahui apakah kalian mengalami infeksi sinus atau telinga.

Baca artikel lainnya tentang 5 Mitos dan Fakta Seputar Gigi dan Mulut


Itulah informasi tentang penyebab gigi ngilu saat demam. Jika kalian ingin merawat dan menjaga kesehatan gigi dan mulut, silahkan untuk mengunjungi Bfresh Dental Care atau dokter gigi. Kunjungilah Bfresh Dental Care, dengan para dokter yang sudah berpengalaman dan asisten dokter yang kompeten kami akan memberikan penanganan yang tepat. Bfresh Dental Care berusaha menangani setiap pasien dengan cermat, karena kesembuhan dan kepuasan pasien adalah kebahagiaan bagi kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Promo
Menarik

***Kita berjanji, tidak melakukan spam!

Pelayanan dokter gigi telah kami mulai sejak tahun 2010 dengan nama FRESH ON DENTAL CARE. Selain merawat pasien, kami melakukan edukasi ke masyarakat secara langsung berupa penyuluhan ke sekolah dan komunitas serta bakti sosial. Berjalannya waktu, kami memperbanyak pelayanan, selain pengobatan oleh dokter gigi, kami juga melayani pengobatan oleh dokter umum dengan nama FRESH MEDIKA pada tahun 2019. Kemudian sejak Januari 2021 kami berubah nama menjadi B FRESH DENTAL CARE dan kembali memilih untuk fokus melayani masyarakat di bidang kesehatan gigi bersama tim dokter yang ramah dan profesional serta tim lainnya yang humble dan cekatan.

Jam Buka

Senin : 09.00 - 21.00 WIB
Selasa : 09.00 - 21.00 WIB
Rabu : 09.00 - 21.00 WIB
Kamis : 09.00 - 21.00 WIB
Jumat : 09.00 - 21.00 WIB
Sabtu : 09.00 - 21.00 WIB
Minggu : 09.00 - 21.00 WIB
WeCreativez WhatsApp Support
Kami siap menjadi solusi perawatan gigi Anda
👋 Haloo, Bagaimana Kita bisa bantu?