preloader
Edit

Tentang Kami

Klinik gigi dimulai pada tahun 2009 bernama praktek drg Kurnia, berubah nama pada tahun 2013 dengan nama Fresh On Dental Care. Berubah nama tahun 2018 dengan nama Fresh Medika. Dan dengan semangat baru, berubah nama menjadi B Fresh Dental Care pada pertengahan tahun 2020. 

Info Kontak

Cara Membersihkan Gigi Anak yang Baik dan Benar

  • Home
  • -
  • Edukasi
  • -
  • Cara Membersihkan Gigi Anak yang Baik dan Benar
Cara Membersihkan Gigi Anak yang Baik dan Benar

Biasanya gigi susu anak akan membantu untuk mengunyah dan berbicara. Mengetahui cara menyikat gigi yang benar sangatlah penting untuk mencegah timbulnya masalah gigi yang tidak diinginkan. Tidak hanya berdampak pada kesehatan gigi dan mulut saja, anak dengan kesehatan gigi yang buruk akan kesulitan untuk bersosialisasi dengan temannya karena memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah. Oleh karena itulah, mengajarkan anak untuk menggosok gigi dengan baik dan benar dimulai sedini mungkin adalah tindakan yang tepat untuk dilakukan orang tua. Lalu bagaimana cara membersihkan gigi anak yang baik dan benar? Yuk simak penjelasannya disini!

1. Gunakan Sikat dan Pasta Gigi yang Aman

Cara Membersihkan Gigi Anak yang Baik dan Benar
Image Source: Freepik.com

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih sikat gigi yang memiliki bulu sikat lembut, kepalanya kecil, dan pegangan yang mudah digenggam oleh anak kecil. Pilihlah sikat gigi yang memungkinkan untuk menarik perhatian si kecil. Yang selanjutnya perlu diperhatikan adalah memilih pasta gigi dengan kandungan yang aman untuk si kecil. Biasanya anak yang baru belajar untuk menyikat gigi akan kesulitan untuk membuang pasta giginya, maka pastikan untuk memilih pasta gigi yang aman jika tertelan. Pasta gigi khusus untuk si kecil biasanya memiliki rasa yang bermacam-macam. Kalian dapat menyesuaikannya dengan keinginan si kecil.

2. Menggunakan Air Mineral untuk Berkumur

Kalian tidak menginginkan jika si kecil tidak sengaja menelan air kran yang mentah dan penuh dengan bakteri bukan? Seperti halnya memberi pasta gigi yang aman jika tertelan, maka berikan air mineral yang aman tertelan saat berkumur. Jika anak sudah terbiasa untuk membuang air yang sudah dikumur, maka bisa beralih menggunakan air biasa. Air mineral dapat membersihkan sisa makanan yang tersisa pada gigi dan mulutnya. Karena anak kecil sensitif dan rentan terkena penyakit maka lebih baik kalian menggunakan air mineral saat anak sedang membersihkan gigi dengan baik dan benar.

3. Cara Menyikat Gigi yang Baik dan Benar

Cara Membersihkan Gigi Anak yang Baik dan Benar
Image Source: Freepik.com
  • Genggam sikat gigi dan letakkan pasta gigi di atas sikat gigi
  • Posisikan sikat gigi pada sudut 45 derajat dari gusi
  • Sikatlah gigi dengan gerakan melingkar selama 20 detik setiap bagian
  • Maju dan mundurkan secara lembut dengan gerakan pendek
  • Gunakan ujung sikat untuk membersihkan permukaan dalam gigi depan dengan gerakan ke atas dan bawah
  • Sikat lidah dengan lembut untuk menghilangkan bakteri dan menjaga nafas tetap segar
  • Berkumurlah secukupnya dengan air bersih untuk membersihkan gigi

4. Hindari Penggunaan Obat Kumur yang Sifatnya Keras

Obat kumur sebenarnya tidak dianjurkan untuk anak di bawah usia 6 tahun. Bahkan penggunaan obat kumur untuk anak harus diawasi oleh orang tua hingga menginjak usia 12 tahun. Obat kumur yang digunakan sejak dini berisiko pada munculnya fluorosis. Fluorosis adalah kondisi permukaan gigi tampak seperti bercak berwarna putih akibat asupan fluoride yang berlebih. Kondisi ini akan memengaruhi penampilan senyum si kecil.

Baca artikel lainnya tentang 5 Cara Menyikat Gigi dengan Benar


Itulah cara membersihkan gigi anak yang baik dan benar. Jika kalian ingin merawat dan menjaga kesehatan gigi dan mulut, silahkan untuk mengunjungi Bfresh Dental Care atau dokter gigi. Kunjungilah Bfresh Dental Care, dengan para dokter yang sudah berpengalaman dan asisten dokter yang kompeten kami akan memberikan penanganan yang tepat. Bfresh Dental Care berusaha menangani setiap pasien dengan cermat, karena kesembuhan dan kepuasan pasien adalah kebahagiaan bagi kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Promo
Menarik

***Kita berjanji, tidak melakukan spam!

Pelayanan dokter gigi telah kami mulai sejak tahun 2010 dengan nama FRESH ON DENTAL CARE. Selain merawat pasien, kami melakukan edukasi ke masyarakat secara langsung berupa penyuluhan ke sekolah dan komunitas serta bakti sosial. Berjalannya waktu, kami memperbanyak pelayanan, selain pengobatan oleh dokter gigi, kami juga melayani pengobatan oleh dokter umum dengan nama FRESH MEDIKA pada tahun 2019. Kemudian sejak Januari 2021 kami berubah nama menjadi B FRESH DENTAL CARE dan kembali memilih untuk fokus melayani masyarakat di bidang kesehatan gigi bersama tim dokter yang ramah dan profesional serta tim lainnya yang humble dan cekatan.

Jam Buka

Senin : 09.00 - 21.00 WIB
Selasa : 09.00 - 21.00 WIB
Rabu : 09.00 - 21.00 WIB
Kamis : 09.00 - 21.00 WIB
Jumat : 09.00 - 21.00 WIB
Sabtu : 09.00 - 21.00 WIB
Minggu : 09.00 - 21.00 WIB
WeCreativez WhatsApp Support
Kami siap menjadi solusi perawatan gigi Anda
👋 Haloo, Bagaimana Kita bisa bantu?