preloader
Edit

Tentang Kami

Klinik gigi dimulai pada tahun 2009 bernama praktek drg Kurnia, berubah nama pada tahun 2013 dengan nama Fresh On Dental Care. Berubah nama tahun 2018 dengan nama Fresh Medika. Dan dengan semangat baru, berubah nama menjadi B Fresh Dental Care pada pertengahan tahun 2020. 

Info Kontak

Kapan Harus ke Dokter Gigi: Gejala yang Tidak Boleh Diabaikan

  • Home
  • -
  • Edukasi
  • -
  • Kapan Harus ke Dokter Gigi: Gejala yang Tidak Boleh Diabaikan
Kapan Harus ke Dokter Gigi: Gejala yang Tidak Boleh Diabaikan

Kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian penting dari kesehatan keseluruhan. Namun, banyak orang sering mengabaikan gejala-gejala tertentu yang dapat menjadi tanda masalah serius pada gigi dan mulut. Bagi masyarakat di Surabaya, Sidoarjo, dan sekitarnya, mengenali gejala-gejala yang tidak boleh diabaikan dan mengetahui kapan harus ke dokter gigi sangat penting untuk menjaga kesehatan mulut yang optimal. Dalam artikel ini, kita akan membahas gejala-gejala yang sebaiknya tidak diabaikan dan kapan Anda harus segera menemui dokter gigi.

Gejala yang Tidak Boleh Diabaikan

1. Nyeri Gigi yang Berkelanjutan

Nyeri gigi yang terus-menerus atau tajam adalah tanda adanya masalah serius seperti gigi berlubang, abses, atau infeksi. Jangan mengabaikan nyeri gigi yang tidak kunjung hilang.

2. Gusi Berdarah

Gusi berdarah saat menyikat gigi atau menggunakan benang gigi dapat menjadi tanda gingivitis atau penyakit gusi yang lebih serius. Segera periksakan ke dokter gigi jika Anda mengalami gejala ini.

3. Gigi Sensitif

Gigi yang sensitif terhadap panas, dingin, atau manis dapat menjadi tanda kerusakan enamel, resesi gusi, atau masalah lainnya. Dokter gigi dapat membantu menentukan penyebabnya dan memberikan solusi.

4. Pembengkakan pada Wajah atau Rahang

Pembengkakan pada wajah atau rahang bisa disebabkan oleh abses gigi atau infeksi lainnya. Kondisi ini memerlukan perhatian medis segera.

5. Gigi Longgar atau Bergerak

Gigi yang longgar atau bergerak bisa menjadi tanda penyakit gusi lanjut atau kerusakan tulang rahang. Jangan menunda kunjungan ke dokter gigi jika Anda mengalami gejala ini.

6. Luka di Mulut yang Tidak Sembuh

Luka di mulut yang tidak sembuh-sembuh dalam waktu dua minggu atau lebih bisa menjadi tanda infeksi atau kondisi medis serius lainnya. Konsultasikan dengan dokter gigi jika Anda mengalami luka yang tidak sembuh.

7. Bau Mulut yang Tidak Hilang

Bau mulut yang tidak hilang meskipun telah menjaga kebersihan mulut dengan baik bisa menjadi tanda penyakit gusi, infeksi, atau masalah pencernaan lainnya.

8. Perubahan pada Gigitan atau Rahang

Perubahan pada gigitan atau posisi rahang, seperti sulit mengunyah atau membuka mulut, bisa menjadi tanda masalah ortodontik atau TMJ (gangguan sendi temporomandibula).

9. Noda atau Bercak pada Gigi

Noda atau bercak yang muncul tiba-tiba pada gigi dapat menjadi tanda kerusakan enamel atau masalah lainnya. Konsultasikan dengan dokter gigi untuk evaluasi lebih lanjut.

10. Kesulitan Mengunyah atau Menelan

Kesulitan mengunyah atau menelan bisa menjadi tanda masalah gigi, gusi, atau rahang. Jika Anda mengalami gejala ini, segera cari bantuan medis.

Kapan Harus Mengunjungi Dokter Gigi

  • Setiap Enam Bulan Sekali: Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi setiap enam bulan sekali untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.
  • Segera Jika Mengalami Gejala: Jika Anda mengalami salah satu gejala di atas, segera buat janji dengan dokter gigi untuk evaluasi dan perawatan yang tepat.
  • Jika Anda Memiliki Masalah Kesehatan: Jika Anda memiliki masalah kesehatan yang dapat mempengaruhi gigi dan mulut, seperti diabetes atau gangguan pembekuan darah, lakukan kunjungan rutin ke dokter gigi.
  • Sebelum dan Selama Kehamilan: Perawatan gigi yang tepat penting selama kehamilan, jadi pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi.

Kesimpulan

Menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah bagian penting dari kesehatan keseluruhan. Jangan mengabaikan gejala-gejala yang mungkin menunjukkan masalah serius pada gigi dan mulut. Jika Anda mengalami salah satu gejala di atas, segera berkonsultasi dengan dokter gigi di Surabaya, Sidoarjo, atau sekitarnya. Pemeriksaan dan perawatan yang tepat waktu dapat membantu mencegah masalah yang lebih serius dan menjaga kesehatan mulut Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Promo
Menarik

***Kita berjanji, tidak melakukan spam!

Pelayanan dokter gigi telah kami mulai sejak tahun 2010 dengan nama FRESH ON DENTAL CARE. Selain merawat pasien, kami melakukan edukasi ke masyarakat secara langsung berupa penyuluhan ke sekolah dan komunitas serta bakti sosial. Berjalannya waktu, kami memperbanyak pelayanan, selain pengobatan oleh dokter gigi, kami juga melayani pengobatan oleh dokter umum dengan nama FRESH MEDIKA pada tahun 2019. Kemudian sejak Januari 2021 kami berubah nama menjadi B FRESH DENTAL CARE dan kembali memilih untuk fokus melayani masyarakat di bidang kesehatan gigi bersama tim dokter yang ramah dan profesional serta tim lainnya yang humble dan cekatan.

Jam Buka

Senin : 09.00 - 21.00 WIB
Selasa : 09.00 - 21.00 WIB
Rabu : 09.00 - 21.00 WIB
Kamis : 09.00 - 21.00 WIB
Jumat : 09.00 - 21.00 WIB
Sabtu : 09.00 - 21.00 WIB
Minggu : 09.00 - 21.00 WIB
WeCreativez WhatsApp Support
Kami siap menjadi solusi perawatan gigi Anda
👋 Hi, Bagaimana Kita bisa bantu?