preloader
Edit

Tentang Kami

Klinik gigi dimulai pada tahun 2009 bernama praktek drg Kurnia, berubah nama pada tahun 2013 dengan nama Fresh On Dental Care. Berubah nama tahun 2018 dengan nama Fresh Medika. Dan dengan semangat baru, berubah nama menjadi B Fresh Dental Care pada pertengahan tahun 2020. 

Info Kontak

Bagaimana Proses Mematikan Saraf Gigi? Sakit atau Tidak?

  • Home
  • -
  • Edukasi
  • -
  • Bagaimana Proses Mematikan Saraf Gigi? Sakit atau Tidak?
Bagaimana Proses Mematikan Saraf Gigi? Sakit atau Tidak?

Hai Bfriends! – Apakah kalian pernah mendengar tentang mematikan saraf gigi? Istilah ini mungkin terdengar mengerikan bagi Anda yang mengalami berbagai permasalahan gigi. Namun sebenarnya prosedur mematikan saraf gigi menjadi salah satu cara yang efektif untuk merawat gigi yang sudah parah, tetapi masih ingin mempertahankan gigi aslinya. Biasanya proses mematikan saraf gigi dilakukan untuk menangani kondisi gigi berlubang yang sudah berkembang sehingga mengalami peradangan pulpa yang parah (pulpitis ireversibel). Karena kondisi saraf gigi tidak bisa kembali normal, maka biasanya dokter bisa mempertahankan gigi dengan cara mematikan saraf gigi untuk meredakan rasa sakit yang berlebihan. Ingin tau bagaimana prosesnya? Yuk baca selengkapnya disini!

Mengapa Proses Mematikan Saraf Gigi Diperlukan?

Photo a tooth with a heart drawn on it
Image Source: Freepik.com

Proses mematikan saraf gigi, atau perawatan saluran akar, diperlukan ketika saraf gigi mengalami infeksi atau kerusakan yang signifikan. Beberapa alasan utama mengapa perawatan ini diperlukan antara lain:

1. Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri pada gigi dapat merambah ke dalam saluran akar, mencapai jaringan saraf, dan menyebabkan radang atau abses. Perawatan saluran akar diperlukan untuk menghilangkan bakteri, membersihkan saluran akar, dan mencegah penyebaran infeksi.

2. Kerusakan Jaringan Saraf

Trauma, cedera, atau kerusakan gigi akibat gigi berlubang yang dalam dapat merusak jaringan saraf. Proses mematikan saraf gigi membantu mengatasi masalah ini dengan menghilangkan atau membersihkan jaringan saraf yang terluka.

3. Rasa Sakit yang Persisten

Gigi yang mengalami rasa sakit yang persisten, terutama ketika tidak ada stimulus eksternal yang jelas, mungkin menandakan masalah pada saraf gigi. Perawatan saluran akar bertujuan untuk menghilangkan sumber rasa sakit dan mengembalikan kesehatan gigi.

4. Abses atau Kista

Infeksi yang tidak diobati pada saraf gigi dapat menyebabkan pembentukan abses atau kista di sekitar akar gigi. Perawatan saluran akar membantu mengatasi abses atau kista dengan membersihkan saluran akar dan menghindari penyebaran infeksi.

5. Pemeliharaan Gigi Alami

Perawatan saluran akar dapat menjadi alternatif yang efektif untuk menyelamatkan gigi yang sebelumnya dianggap harus diekstraksi. Ini penting untuk mempertahankan struktur dan fungsi gigi alami, yang dapat memiliki dampak positif pada kesehatan mulut dan kenyamanan pasien.

Bagaimana Proses Mematikan Saraf Gigi?

Proses mematikan saraf gigi, atau yang lebih dikenal sebagai perawatan saluran akar, merupakan tindakan medis yang dilakukan untuk mengatasi rasa sakit pada gigi yang disebabkan oleh infeksi atau kerusakan pada saraf gigi. Meskipun prosedur ini dilakukan untuk menghilangkan rasa sakit, namun pada umumnya tidak terasa nyaman selama prosesnya. Perawatan saluran akar dimulai dengan pemberian anestesi lokal untuk memastikan pasien tidak merasakan sakit selama prosedur. Setelah itu, dokter gigi membuka akses ke saluran akar gigi untuk mencapai jaringan saraf yang terinfeksi atau terluka. Proses ini melibatkan pengangkatan saraf, pembuangan jaringan yang terinfeksi, dan membersihkan saluran akar secara menyeluruh.

Photo 3d illustration of root canal treatment process
Image Source: Freepik.com

Meskipun pasien dalam keadaan mati rasa karena anestesi, beberapa orang mungkin merasakan tekanan atau getaran selama prosedur. Adanya infeksi sebelum perawatan atau keparahan kondisi gigi dapat memengaruhi tingkat ketidaknyamanan selama proses. Setelah membersihkan saluran akar, dokter gigi akan mengisi saluran tersebut dengan bahan pengisi khusus untuk mencegah bakteri masuk kembali. Kadang-kadang, perlu beberapa sesi untuk menyelesaikan perawatan saluran akar, tergantung pada keparahan kasus.

Setelah perawatan saluran akar selesai, beberapa pasien mungkin mengalami sedikit rasa sakit atau ketidaknyamanan selama beberapa hari, yang dapat dikontrol dengan obat pereda nyeri yang diresepkan atau rekomendasi dokter gigi. Penting untuk mengikuti petunjuk dokter gigi dan menjaga kebersihan mulut dengan baik untuk memastikan pemulihan yang optimal. Dalam beberapa kasus, perawatan saluran akar dapat menjadi pilihan terbaik untuk menyelamatkan gigi yang sebelumnya terancam untuk diekstraksi. Meskipun proses ini mungkin tidak sepenuhnya bebas dari ketidaknyamanan, manfaat jangka panjangnya adalah pemeliharaan gigi alami dan penghindaran dari potensi masalah kesehatan gigi lebih lanjut.

Kesimpulan

Proses mematikan saraf gigi atau perawatan saluran akar diperlukan untuk mengatasi infeksi, kerusakan saraf, dan rasa sakit persisten pada gigi. Tujuannya adalah menghilangkan sumber rasa sakit, membersihkan saluran akar, dan mencegah penyebaran infeksi, serta mempertahankan gigi alami. Meskipun mungkin terasa tidak nyaman selama proses, pemulihan optimal dapat dicapai dengan mengikuti petunjuk dokter gigi. Prosedur ini juga merupakan alternatif efektif untuk menghindari ekstraksi gigi dan menjaga kesehatan gigi jangka panjang.

Baca artikel selanjutnya tentang Mengenal Perawatan Saluran Akar Gigi, Tujuan, dan Prosedur


Itulah proses mematikan saraf gigi. Jika sedang mengalami gejala sakit gigi, kalian dapat pergi ke Bfresh Dental Care atau dokter gigi. Kunjungilah Bfresh Dental Care, dengan para dokter yang sudah berpengalaman dan asisten dokter yang kompeten kami akan memberikan penanganan yang tepat. Bfresh Dental Care berusaha menangani setiap pasien dengan cermat, karena kesembuhan dan kepuasan pasien adalah kebahagiaan bagi kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Promo
Menarik

***Kita berjanji, tidak melakukan spam!

Pelayanan dokter gigi telah kami mulai sejak tahun 2010 dengan nama FRESH ON DENTAL CARE. Selain merawat pasien, kami melakukan edukasi ke masyarakat secara langsung berupa penyuluhan ke sekolah dan komunitas serta bakti sosial. Berjalannya waktu, kami memperbanyak pelayanan, selain pengobatan oleh dokter gigi, kami juga melayani pengobatan oleh dokter umum dengan nama FRESH MEDIKA pada tahun 2019. Kemudian sejak Januari 2021 kami berubah nama menjadi B FRESH DENTAL CARE dan kembali memilih untuk fokus melayani masyarakat di bidang kesehatan gigi bersama tim dokter yang ramah dan profesional serta tim lainnya yang humble dan cekatan.

Jam Buka

Senin : 09.00 - 21.00 WIB
Selasa : 09.00 - 21.00 WIB
Rabu : 09.00 - 21.00 WIB
Kamis : 09.00 - 21.00 WIB
Jumat : 09.00 - 21.00 WIB
Sabtu : 09.00 - 21.00 WIB
Minggu : 09.00 - 21.00 WIB
WeCreativez WhatsApp Support
Kami siap menjadi solusi perawatan gigi Anda
👋 Hi, Bagaimana Kita bisa bantu?